Selamat Datang Di Dunia Baru..!

By diLa - May 13, 2020

Seluruh dunia sedang berjuang keras melawan pandemi CoViD-19 yang semakin hari korbannya semakin bertambah. Pemerintah memutuskan kebijakan-kebijakan strategis untuk memutus rantai penularan virus ini. Termasuk di negara ku Indonesia. Bepergian bersyarat dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar menuntut masyarakat untuk tetap tinggal di rumah. Waktu terus berjalan hari demi hari hingga umat Muslim memasuki Bulan Ramadhan. Tradisi yang mengakar di masyarakat pada saat bulan Ramadhan beragam dan unik, mulai dari ngabuburit, mencari takjil, adanya pasar makanan musiman dan yang paling dinanti biasanya adalah buka puasa bersama.

Kegiatan berbuka puasa bersama sering kali dilakukan 'hanya' dengan berkumpul pada sore hari beberapa saat menjelang matahari terbenam di suatu tempat makan. Dilakukan bersama sekelompok orang yang diisi dengan obrolan ringan. Dapat dikatakan ajang reuni kecil yang harapannya mampu memberikan dampak baik atas terjalinnya silaturahmi tanpa ada embel-embel lainnya.

Tahun ini berbeda, semua kegiatan itu praktis tidak dapat dilakukan. Sekarang seluruh kegiatan dilakukan dari rumah, tidak keluar rumah apalagi berkumpul dengan banyak orang. Salah satu inovasi yang menurut ku memberikan dampak yang sangat positif dari jaga jarak ini adalah munculnya acara ngabuburit daring yang diselenggarakan oleh kampus tempat aku belajar dulu. Universitas melabeli nya sebagai sharing bersama alumni. Sharing ini dilakukan setiap hari selama Ramadhan dengan narasumber yang berbeda-beda. Kita pasti tahu, seseorang bisa dijadikan narasumber karena suatu pencapaian yang pernah dilakukan. Orang-orang yang sukses ini diminta untuk menceritakan pengalamannya sambil berdiskusi ringan dan memberikan motivasi pada orang lain. Hal positif yang dilakukan karena dampak jaga jarak ini menunjukkan bahwa selalu ada sisi baik dari segala situasi. Aku bahkan tidak pernah terpikirkan untuk mengikuti kegiatan ini jika situasi tidak sedang seperti ini. Sungguh, buat ku ini jauh lebih bermanfaat daripada hanya berkumpul tanpa makna yang diakhiri dengan makan bersama. Sharing ini pun jauh dari rasa menyombongkan diri para alumni yang sudah berkarir lebih dari satu dekade. Yang ada justru diskusi dan melepas rindu secara virtual dengan teman-teman satu angkatan, dosen, dan civitas academica. Bangga nya menjadi pengajar yang mampu mendidik putra putri terbaik untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, negara, dan agama.

Belajar dimanapun dan kapanpun harus bisa kita lakukan.
Jadilah manfaat bagi orang lain.
 
Welcome To The New Normal..!
apa yang sudah aku persiapakan?



Jakarta, 20 Ramadhan 1441 H

  • Share:

You Might Also Like

0 comments