Sayap Pesawat

By diLa - September 11, 2019

Menurut definisi, sayap (wing) adalah bagian pesawat yang dapat menghasilkan gaya angkat atau pembangkit gaya aerodinamika untuk mengontrol gerakan benda sewaktu berada pada medium fluida, baik gas (terutama udara) maupun zat cair.

Menurut penerbangan, sayap (pesawat) adalah foil udara yang tersambung badan pesawat (fuselage) dan merupakan permukaan yang mengangkat pesawat udara.

Sayap merupakan bagian terpenting dari suatu pesawat. Wing menghasilkan lift (gaya angkat) ketika bergerak terhadap aliran udara. Selain sebagai penghasil gaya angkat, pada kebanyakan pesawat modern sayap juga berfungsi sebagai fuel tank (tempat bahan bakar) dan tempat bergantungnya engine (mesin pesawat).

Secara struktur, sayap pesawat terdiri atas beberapa bagian sebagai berikut:
  • Leading edge
  • Merupakan bagian depan dari sayap yang pertama terkena aliran udara. Pada pesawat besar, di dalam leading edge juga terdapat leading edge flap.
  • Trailing edge 
  • Merupakan bagian belakang dari sayap, dimana terdaapt aileron, aileron tab, dan flap.
  • Wing root;
  • Merupakan bagian sayap yang melekat pada fuselage.
  • Wing tip
  • Merupakan bagian sayap yang paling jauh dengan badan pesawat atau bagian paling ujung sayap. Pada bagian ini biasanya terdapat tambahan berupa winglet atau wing tip tank pada jenis pesawat tertentu.  

Pada pesawat kecil, sayap umumnya hanya dilengkapi dengan aileron, spoiler, dan flap. Sedangkan pada pesawat besar dibutuhkan bidang kendali tambahan untuk agar dapat dikendalikan. Sayap pesawat modern umumnya dilengkapi dengan beberapa perangkat pengendali permukaan (control surface) yaitu:
  • Winglet
  • Merupakan bidang tambahan pada pesawat tertentu untuk mengurangi turbulensi.
  • Low speed aileron
  • Sebagai kemudi gerakan pesawat yang lambat atau dalam kondisi terbang.
  • High speed aileron
  • Digunakan untuk mendukung respon gerak cepat dari aileron terhadap pergerakan rentang pesawat.
  • Flap track fairing
  • Batang yang dipasang untuk jalan atau track dari flap agar ketika flap tersebut dikeluarkan akan mengikuti tracknya.
  • Kruger flaps
  • Flap (kepang) yang terletak pada leading edge, yang berfungsi sebagai penambah luas sayap dan memperbesar drag (gaya hambat).
  • Slats
  • Merupakan kepak yang terletak di leading edge dengan fungsi yang sama.
  • Three slotted inner flap
  • Flap yang letaknya mendekati wing root.
  • Three slotted outer flap
  • Flap yang letaknya mendekati wing tip.
  • Spoilers
  • Berfungsi untuk merusak daya angkat, dalam artian digunakan biasanya pada saat setelah landing untuk mengurangi daya angkat.
  • Spoilers air brakes
  • Spoiler yang berfungsi mengurangi lift dan memperbesar drag sehingga pesawat seperti di rem karena gerak pesawat tertahan oleh drag yang dihasilkan.

Sayap dapat dipasang di posisi atas, tengah, atau bawah dari badan pesawat. Rancangan ini desebut high-wing, mid-wing, dan low-wing. Jumlah sayap juga berbeda. Pesawat terbang dengan satu set sayap disebut monoplane, sedangkan pesawat terbang dengan dua set sayap disebut biplane.

Di sisi belakang atau trailing edge dari sayap, ada dua tipe kendali permukaan yang disebut aileron dan flap. Aileron (kemudi guling) berada dimulai dari tengah sayap ke ujung luar sayap (wing tip) yang bekerja dengan gerakan yang berlawanan untuk membuat gaya aerodinamis yang membuat pesawat berguling ke kanan atau ke kiri. Sedangkan flap (kepak) berada dari dekat bada pesawat ke arah luar sampai bagian tengah sayap. Flap biasanya sama rata dengan permukaan sayap pada saat pesawat sedang menjelajah. Pada saat diturunkan, flap bergerak dengan arah yang sama (ke bawah) untuk menambah gaya angkat sayap pada saat pesawat lepas landas dan mendarat.


Majalah Sains Indonesia | Edisi 89 | Mei 2019 | Hal. 28-29


  • Share:

You Might Also Like

0 comments