Alas Kaki yang 'Merusak' Kesehatan

By Anonymous - November 27, 2012

Jika salah dalam memilih alas kaki, justru akan berakibat fatal. Karena pemilihan sepatu yang salah dapat menghambat gerak, membuat gemuk, dan bahkan cedera.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, berikut beberapa model sepatu yang membahayakan kesehatan kaki terlebih wanita.

Sepatu Flat
"Sepatu flat juga sering dibicarakan merupakan model yang aman dan sehat untuk kaki. Tetapi kenyataannya adalah bahwa sebuah sepatu flat balet atau kanvas kasual sekalipun dapat menyebabkan masalah pada kaki. Sehingga tidak semua sepatu flat dapat memberikan dukungan yang baik untuk kaki," kata Megan Leahy, DPM, ahli penyakit kaki dan tulang dari Illinois Bone and Joint Institute, Chicago.


Sandal Jepit
Sendal jepit memang sering dibicarakan sebagai alas kaki yang paling nyaman dan aman, serta menjadi favorit sebagian orang. Namun sebenarnya beberapa model sendal jepit tidak seaman yang dibayangkan kebanyakan orang.



Sepatu Rocker
Sepatu rocker tunggal atau sepatu rocker bottom adalah sepatu yang memiliki sol lebih tebal dari normal dengan tumit bulat. Model sepatu seperti ini menyebabkan pemakainya tidak memiliki pijakan datar sepanjang sumbu proksimal bagian luar kaki.

"Sepatu dengan sol rocker atau bulat dapat meningkatkan aktivitas otot dan membakar kalori. Namun, sebenarnya model sepatu ini secara medis awalnya direkayasa untuk membantu pasien dengan nyeri pada bola kaki," kata Dr Leahy.

Telapak yang kaku dapat mencegah lengkungan alami yang dapat melenturkan kaki. Akhirnya, hal tersebut dapat meratakan lengkungan. Sehingga menyebabkan kaki kurang menyerap beban, dan lutut akan mengambil tekanan ekstra.

High Heels
Mengenakan alas kaki stiletto dengan beberapa tambahan inci membuat seseorang terlihat lebih ramping, menonjolkan otot betis, dan bahkan mengangkat bagian pantat. Tetapi mungkin dapat menybabkan kerusakan permanen jika sering menggunakan sepatu model ini.

Sebuah studi pada 2011 yang dilakukan oleh peneliti Denmark menemukan bahwa, berjalan di tumit sebagai menggunakan heels dapat meningkatkan risiko osteoarthritis sebanyak enam kali lipat.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments