Tarian Banjar

Budaya adalah suatu tantanan hidup yang dimiliki pleh sekelompok orang dan di wariskan dari generasi ke generasi. Terbentuknya suatu budaya dari banyak unsur rumit, termasuk sistem agama, politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Kesenian adalah suatu pencapaian oleh manusia yang mengacu pada nilai kehidupan (estetika) yang berasal dari ekspresi hasrat manusia terhadap keindahan yang dinikmati dengan mata, telinga, hingga gerakan tubuh (tari).




Baksa Kembang

Merupakan jenis tari klasik Banjar sebagai tari penyambutan tamu agung yang datang ke Kalimantan Selatanyang ditarikan oleh wanita. Tari ini merupakan tari tunggal dan dapat dimainkan oleh beberapa penari wanita.

Tarian ini bercerita tentang seorang gadis remaja yang sedang merangkai bunga. Sering dimainkan di lingkungan istana dipertunjukkan untuk menghibur keluarga keraton dan menyambut tamu agung seperti raja atau pangeran. Dalam perkembangannya, tari ini beralih fungsi sebagai tari penyambutan tamu pejabat negara dalam perayaan hari besar atau nasional.




Radap Rahayu

Merupakan tari semi klasik Banjar yang sering ditarikan dalam menyambut tamu agung dan ditarikan dalam upacara perkawainan, para penarinya adalah wanita.

Tari ini menceritakan tentang kapal prabayaksa yang kandas di muara Lokbaintan. Tari ini menggambarkan upacara puja Bantan (tapung tawar). Tujuan dari tari ini adalah sebagai ucapan rasa syukur dan doa agar kapal tidak karam ketika berlayar.



No comments:

Post a Comment