Penentuan Harga Pelayanan Publik (Charging for Service)

Jelaskan prinsip-prinsip charging for service
Pemberian pelayanan publik dibiayai melalui :
- Pajak
- Pembebanan langsung kepada masyarakat
   Masyarakat yang memanfaatkan jasa pelayanan publik harus membayar biaya tertentu


Perusahaan milik pemerintah pada satu sisi dituntut untuk semakin efisien dan professional. Di sisi lain, terdapat tekanan dari masyarakat agar pemerintah mampu memberikan pelayanan publik yang murah dan berkualitas. Terhadap fenomena tersebut, diskusikan strategi dalam menentukan harga produk pelayanan tertentu agar memenuhi prinsip efisiensi dan keadilan.
Untuk memberikan pelayanan publik yang murah dan berkualitas, pemerintah dapat menggunakan salah satu sumber dana yang besar yaitu pajak. Dari uang pajak tersebut, melalui dibuatnya APBN/APBD pemerintah dapat memberikan pelayanan yang murah dan berkualitas seperti pengobatan gratis, sembako murah, dan hiburan yang berkualitas. Disamping menggunakan dana pajak, pemerintah juga dapat memberikan subsidi seperti BBM. Selain itu, pemerintah juga dapat bekerja sama dengan swasta untuk memberikan pelayanan yang berkualitas dan terjangkau, misalnya pendidikan berupa sekolah untuk masyarakat, dan layanan hiburan seperti bioskop dan tempat hiburan yang besar (TSB, TMII, Dufan, Ancol).

Jelaskan teknik akuntansi untuk menentukan harga pelayanan publik
Terdapat lima teknik akuntansi keuangan yang dapat diadopsi oleh sektor publik. Teknik-teknik akuntansi tersebut adalah :
a)      Akuntansi anggaran
Teknik yang menyajikan jumlah yang dianggarkan dengan jumlah aktual dan dicatat secara berpasangan (double entry). Teknik ini sering digunakan dalam pemerintahan. Tujuan utama dari teknik ini adalah untuk menekankan peranan anggaran dalam siklus perencanaan, pengendalian, dan akuntabilitas.

b)      Akuntansi komitmen
Akuntansi komitmen adalah sistem akuntansi yang mengakui transaksi dan mencatatnya pada saat order dikeluarkan. Tujuan utama akuntansi komitmen adalah untuk pengendalian anggaran. Teknik ini berfokus pada order yang dikeluarkan. Order yang diterima terkait dengan pendapatan tidak akan dicatat sebelum faktur dikirimkan.

c)      Akuntansi dana
Akuntansi dana merupakan salah satu alternatif sistem akuntansi di sektor publik yang dikembangkan dari basis kas dan prosedur pengendalian anggaran. Besarnya dana kas sangat mempengaruhi anggaran organisasi sektor publik. Jadi, sistem akuntansi harus memprioritaskan pada pengelolaan dana kas. Sistem akuntansi pemerintahan yang dilakukan dengan menggunakan konsep dana, memperlakukan suatu unit kerja sebagai entitas akuntansi (accounting entity) dan entitas anggaran (budget entity) yang berdiri sendiri. Sistem akuntansi dana dibuat untuk memastikan bahwa uang publik dibelanjakan untuk tujuan yang telah ditetapkan. Terdapat dua jenis dana yang digunakan pada organisasi sektor publik, yaitu :
- Dana yang dapat dibelanjakan (expendable fund)
digunakan untuk mencatat nilai aktiva, utang, perubahan aktiva bersih, dan saldo dana yang dapat dibelanjakan untuk kegiatan yang tidak bertujuan mencari laba. Jenis akuntansi dana ini digunakan pada organisasi pemerintah (governmental funds).
- Dana yang tidak dapat dibelanjakan (nonexpendable funds)
untuk mencatat pendapatan, biaya, aktiva, utang, dan modal untuk kegiatan yang sifatnya mencari laba. Jenis dana ini digunakan pada organisasi bisnis (proprietary funds)

d)     Akuntansi kas
Sistem akuntansi ini hanya mengakui arus kas masuk dan kas keluar. Namun demikian, GAAP tidak menganjurkan pencatatan dengan dasar kas karena tidak dapat mencerminkan kinerja yang sesungguhnya. Dengan cash basis, tingkat efisiensi dan efektifitas suatu kegiatan, program, atau aktivitas tidak dapat diukur dengan baik. Sebagai contoh, penerimaan kas dari pinjaman akan dicatat sebagai pendapatan (revenue) bukan sebagai utang. Untuk mengoreksi hal tersebut, kebanyakan sistem kas tidak hanya mengakui kas saja, akan tetapi juga aktiva dan utang yang timbul sebelum terjadi transaksi kas.

e)      Akuntansi akrual
Akuntansi akrual dianggap lebih baik daripada akuntansi kas. Teknik akuntansi berbasis akrual diyakini dapat menghasilkan laporan keuangan yang lebih dapat dipercaya, lebih akurat, komprehensif, dan relevan untuk pengambilan keputusan ekonomi, sosial, dan politik.

Jelaskan peran akuntansi biaya dalam penentuan harga pelayanan publik
Dengan adanya kebijakan akuntansi dan keuangan pelayanan publik mempunyai peranan penting dalam melakukan perubahan pelayanan publik, akuntansi akan lebih ditujukan untuk menjadi dasar penilaian kondisi riil organisasi sektor publik, berbagai aspek bisa dilihat dari fungsi akuntansi ini.

Diskusikan biaya apa saja yang relevan dipertimbangkan untuk penentuan harga pelayanan publik
Biaya yang dapat dijadikan pertimbangan dalam penentuan harga pelayanan publik adalah :
- Biaya administrasi
- Biaya abodemen
- Biaya pelayanan
- Biaya pajak



No comments:

Post a Comment