Buah-Buahan Saat Puasa

Yey ! 
Ramadhan telah tiba, 
saatnya kita mengatur pola makan agar tetap segar, sehat, dan semangat dalam menjalankan aktivitas di bulan yang penuh rahmat ini.
Ada beberapa buah yang bisa di jadikan menu untuk di santap saat berbuka maupun sahur nih ...
^___^
 
Buah baik di makan saat sahur karena . . .
  • mengandung banyak serat, jadi pencernaan akan menjadi lebih sehat, dan akan memenuhi kebutuhan cairan tubuh
  • buang mengandung banyak air, karenanya tanpa disadari kita juga sekaligus banyak minum


APEL
Apel merupakan salah saut buah yang menyehatkan, sampai ada slogan "one apple a day, take your doctor away". Apel dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung antioksidan yang disebut quercetin, yang mampu membuat lebih banyak oksigen tersedia untuk paru-paru.





BLEWAH
Buah ini cocok untuk berbuka puasa karena mengandung air dan serat yang tinggi. Menyegarkan untuk menghilangkan haus, dan sekaligus memulihkan stamina tubuh.






JERUK
Mengan vitamin A, B1, B2, dan C serta merangsang kekebalan tubuh. Buah ini juga sangat bermanfaat jika tubuh mulai terasa tidak fit. Jeruk ampuh membersihkan lendir dalam tenggorokan dan rongga hidung akibat influenza. 



KURMA
Buah yang sering muncul saat bulan Ramadhan ini memiliki kandungan gula yang tinggi, cukup makan 2-3 buah kurma saat berbuka sudah cukup untuk mengembalikan energi. Karena gula dalam kurma cepat di serap oleh tubuh. Kadar karbohidrat dalam kurm ajuga paling tinggi jika dibanding dengan buah lainnya.



LECI
Buah ini mengandung protein, lemak, vitamin C, fosfor dan zat besi. Gula jenis sukrosa dan glukosanya sangat tinggi. Jadi buah leci bisa menambah cadangan energi untuk siang hari.


PIR
Buah pir bagus untuk menetralisir dan mengatasi rasa mual karena menu makanan yang berkalori tinggi dan berminyak pada saat berbuka puasa. Selain itu, pir juga dapat mencegah naiknya berat badan.



PISANG
Mengandung karbohidrat tinggi sehingga dapat mengenyangkan jika disantap saat sahur. Mudah di cerna dan gula yang terkandung di dalamnya dapat cepat diubah menjadi tenaga, jadi buah ini juga cocok saat berbuka puasa. Selain itu, kandungan vitaminnya lengkap, seperti viatamin C dan A yang dapat mengusuir kantuk.



TIMUN SURI
Buah ini sangat menyegarkan dan sering ditemukan saat bulan Ramadhan karena menyegarkan untuk berbuka puasa. Selain itu juga mengandung banyak kalium, pro vitamin A dan serat.











No comments:

Post a Comment