Hari Buku | World Book Day


Hari Buku dan Hak Cipta (juga dikenal sebagai Hari Buku  Internasional atau Dunia; dalam Bahasa Inggris disebut World Book Day) adalah acara tahunan, yang diselenggarakan oleh UNESCO untuk mempromosikan membaca, penerbitan dan hak cipta.




Tanggal 23 April menjadi hari yang dipilih secara simbolik untuk merayakan dunia literatur/sastra, karena pada 23 April 1616, terdapat banyak sastrawan yang meninggal dunia dan lahir. Seperti Cervantes, Shakespeare, dan Inca Garcilaso de la Vega telah wafat. Sementara Maurice Druon, K. Laxness, Vladimir Nabokov, Josep Pla, dan Manuel Mejía Vallejo lahir pada tanggal sama. Pemilihan tanggal tersebut merupakan pilihan UNESCO, guna mendorong kepada setiap orang (kaum muda khususnya) untuk menemukan kesenangan dalam membaca, dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada pengarang-pengarang besar yang telah memberikan kontribusi terhadap kemajuan sosial dan kultural umat.






United Nations Educational, Scientific, dan Cultural Organization (UNESCO) menggunakan Hari Buku sebagai peringatan untuk buku dan penulis. Organisasi PBB untuk budaya dan pendidikan ini mengajak para pemuda agar gemar membaca untuk memberi kontribusi bagi pergerakan sosial dan budaya. Ide perayaan ini berawal dari Catalonia, Spanyol. Orang di daerah ini memiliki tradisi memberikan mawar sebagai hadiah ketika Anda membeli buku.




 

ayoo..!
ayooo...!!
kita sebagai generasi muda harus membudayakan kebiasaan membaca ,
karena dengan membaca ,
kita dapat mengetahui tentang apapun ..
dengan membaca seseorang dapat berpikir dan berbicara dengan baik ..
^___^





"..karena buku, aku mengetahui dunia"


No comments:

Post a Comment