Aplikasi Perbankan Core Banking

Aplikasi Core Banking System (CBS) adalah aplikasi inti yang merupakan pusat dari sistem perbankan. Core Banking ini digunakan untuk memproses loan, saving, customer information file hingga berbagai layanan perbankan lainnya. Jika dibandingkan dengan industri lain, aplikasi Core Banking ini mirip dengan billing system milik perusahaan telekomunikasi, atau ERP (Enterprise Resource Planning) pada perusahaan manufaktur. Namun agak sedikit berbeda jika dibandingkan dendan dua industri tadi, Core Banking pada industri perbankan sangatlah beragam mulai dari yang inhouse development, local vendor hingga yang dikerjakan vendor asing.






Core Banking adalah aplikasi perbankan pada suatu platform yang memungkinkan pendekatan, bertahap strategis yang dimaksudkan untuk memungkinkan bank untuk meningkatkan kegiatan operasional, mengurangi biaya, dan mempersiapkan diri untuk tumbuh. Menerapkan komponen berbasis modular, solusi perusahaan dalam memfasilitasi proses integrasi dengan teknologi bank yang telah ada. Keseluruhan Layangan Berorientasi Arsitektur (Service Oriented Architecture) membantu bank mengurangi resiko jika entri data dilakukan secara manual dan informasi yang tidak terpakai lagi, meningkatkan informasi manajemen dan review, dan menghindari gangguan bisnis yang disebabkan oleh penggantian seluruh sistem.



Core Banking adalah solusi baru yang sering digunakan di kalangan perbankan. Kemajuan dalam teknologi, khususnya internet dan teknologi informasi yang melakukan cara-cara baru dalam bisnis di perbankan. Teknologi ini telah mengurangi waktu, bekerja secara bersamaan pada masalah yang berbeda untuk meningkatkan efisiensi. Platform teknologi komunikasi dan teknologi informasi digabung untuk memenuhi kebutuhan inti dari perbankan yang dikenal dengan istilah Core Banking. Di sini, perangkat lunak komputer dikembangkan untuk melakukan operasi inti perbankan seperti pencatatan transaksi, pemeliharaan buku tabungan, perhitungan bunga pinjaman dan deposito, catatan pelanggan, dan neraca pembayaran dan penarikan. Perangkat lunak ini dipasang di berbagai cabang bank dan kemudian saling dihubungkan dengan menggunakan jalur komunikasi seperti telepon, satelit, dan internet. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk mengoperasikan rekening dari cabang manapun jika telah terinstal aplikasi Core Banking.

Gartner mendefinisikan, 
Core Banking sebagai sistem back-end dari sistem perbankan yang menangani proses transaksi perbankan sehari-hari, dan melakukan update posting ke rekening dan catatan keuangan lainnya. Sistem Core Banking biasanya menangani mengenai deposito, pengolahan pinjaman dan kredit, dengan interface langsung ke sistem buku besar dan pelaporan.


Modul pada Core Banking

Aplikasi perbankan Core Banking terdiri atas beberapa modul kerja yaitu sebagai berikut :
  • CIS (Customer Identification System)
  • DDS (Demand Deposit System)
  • GLS (General Ledger System)
  • LNS (Loan System)
  • TDS (Time Deposit System)





3 comments:

  1. gabungan dari internet dan studi kasus yang pernah aku lakukan ..

    ReplyDelete
  2. bisa baca dimana untuk versi yang lengkap ttg Core Banking System ? tengkyu.

    ReplyDelete