Dini Hari Di Jogjakarta

By diLa - February 19, 2019

"besok kita leaving pukul 3:55 ya. semangat hanya satu landing lalu pulang." aku mengatakannya sesaat sebelum mobil berhenti di depan lobby.

dini hari dari Jogjakarta, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, kami sudah siap untuk meninggalkan hotel dan melenggang di jalanan menuju bandara yang masih sunyi.

setibanya di bandara, kami melakukan prosedur pengecekan kesehatan yang harus dilakukan oleh semua crew kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaaan keamanan untuk masuk ke dalam pesawat.
petugas darat menginformasikan jumlah penumpang kali ini yang sedikit, hanya 68 orang. masuk ke dalam pesawat, semua awak kabin harus melakukan pengecekan sebelum terbang (preflight check) untuk memastikan bahwa pesawat layak terbang. aku melakukan pengecekan menu lighting pada panel utama yang berada di depan, menekan tombol-tombol pengaturan tetapi tidak bereaksi. aku coba lagi, tetap tidak bereaksi. lalu dicoba untuk mengatur lighting dari panel di bagian belakang, bisa, namun tidak sepenuhnya berfungsi dengan benar. segera aku informasikan kepada kapten bahwa menu lighting dari panel utama tidak berfungsi. kapten kemudian mencoba menekan-nekan tombol itu, tetap tidak bereaksi. langsung aku menginformasikan petugas darat agar dapat mendatangkan cabin maintenance.

waktu subuh pagi ini adalah pukul 4:26, saat petugas teknik sedang melakukan pengecekan panel, aku izin sebentar untuk melakukan ibadah solat subuh di kursi penumpang baris ketiga. setelah solat aku berdoa, dan menyelipkan permohonan agar pekerjaan kami dimudahkan dan diberi kelancaran agar panel dapat berfungsi dengan benar sehingga kami bisa segera boarding. tak lama setelahku, kapten membuka ikatan gorden dan menutup sebagian galley depan, beliau membuka sajadah untukk melakukan solat subuh. saat itu, petugas teknik melakukan reset system dan alhamdulilah berhasil. seluruh menul di panel dapat berfungsi dengan benar.

sesaat kemudian kapten selesai solat, dan aku melaporkan bahwa cabin ready for boarding. kapten setuju dan aku segera menginformasikan kepada petugas darat untuk memulai proses boarding. "memang disuruh solat subuh dulu nih penumpangnya dan kita semua." kata kapten sambil berjalan menuju cockpit. deg! aku tersenyum dan merasa sangat bersyukur. alhamdulillah, terima kasih ya Allah, Engkau lancarkan pekerjaan kami. berkat izin Tuhan dan koordinasi yang baik antar semua pihak proses preflight check berjalan lancar sehingga kami dapat melakukan tahapan selanjutnya, boarding dan memulai penerbangan dan mendarat dengan selamat di kota tujuan.


  • Share:

You Might Also Like

0 comments