All About DENIM

denim ?
siapa sih yang tidak tahu ?
boleh dikatakan hampir setidaknya setiap orang memiliki satu potong busana berbahan denim. karenanya, yuk simak beberapa 'pengetahuan' mengenai si biru ini . . .



DENIM DICTIONARY
STRETCH DENIM
di dalamnya terdapat bahan spandex dan elastane agar mudah merenggang. material denim jenis ini biasanya terdapat pada model skinny yang melekat pada tubuh, ringan, dan fleksibel.

RAW DENIM
denim jenis iti tidak pernah melewati proses pencucian setelah pewarnaan, sehingga terasa kaku dan keras saat pertama kali dikenakan. dengan berjalannya waktu dan pemakaian yang terus menerus, bahan denim itu akan terasa nyaman dan mengikuti bentuk tubuh.

SELVEDGE DENIM
proses pembuatannya lebih lambat dan manual. biasanya dijahit dengan mesin jahit model kuno agar menghasilkan detail denim yang berbeda. bagian tepi ditenun rapat agar rapi dan kuat untuk menghindari bahan terurai. denim jenis ini biasanya ditandai dengan garis putih pada bagian dalam cuff dan benang warna merah disekitarnya. selain itu, penggunaan cotton kualitas tinggi membuat harganya lebih mahal.



THE MAKING OF DENIM
bahan denim memiliki proses pembuatan yang cukup panjang. salah satunya adalah pencucian, untuk itu terdapat dua cara proses pencucian denim

> proses pencucian kering <
Stone Wash
menggunakan batu apung yang lembut dan ringan tapi dapat merusak denim. di beberapa bagian terdapat bagian yang terlihat sedikit lusuh seolah-olah sudah dipakai dalam waktu yang lama.

Sandblasting Wash
efek 'lama pakai' yang lebih lembut dapat juga diperoleh dengan mencuci bahan denim dengan pasir.

> proses pencucian basah <
Acid Wash
dilakukan proses bleaching pada bahan denim menggunakan klorin dan batu apung untuk mendapatkan motif pudar. biasanya proses ini menciptakan warna biru yang lebih muda dinamakan marbie, moon wash, dan snow wash.

Enzyme Wash
penggunaan bahan kimia yang lebih ramah lingkungan pada bahan denim ini menghasilkan efek luntur pada bagian pangkal paha dan kantung belakang.


DENIM ANATOMY
siasati kebutuhan pemakaian dengan mengetahui bagian-bagiaan denim.
* Kantung Samping
pilih kantung bentuk rata, tidak berkerut, atau bervolume pada nagian pinggul.

* Tinggi Pasak
merupakan jarak tinggi rendahnya kancing depan dari pasak celana yang bisa disebut front rise dan back rise. perbedaan tinggi bagian depan dan belakang perlu diperhatikan oleh pemakai untuk menghindari bagian tubuh yang dapat terlihat, oops!

* Panjang
ada baiknya memakai celana dengan panjang yang jatuh tepat di sekitar pergelangan kaki. 

* Kantung Belakang
ukuran dan penempatan kantung pas terletak di tengah bokong untuk mengindari ilusi bokong tampang lebih lebar.

* Keliman
dikenal juga dengan istilah hem. lebar tepi bawah celana akan berpengaruh pada bentuk model dan siluet celana secara keseluruhan.


DENIM TRIVIA
Abrasi
proses ini bertujuan untuk merusak permukaan material denim agar terlihat lusuh dan usang. alat bantu yang digunakan untuk menggosok berupa batu apung hingga amplas kasar.

Belt Loops
pertama kali ditambahkan pada waistband tahun 1922 bertujuan agar ikat pinggang tidak mudah menyelip. desain celana jeans klasik memiliki  lima belt loops, dua di bagian depan, dua di bagian samping, dan satu di bagian tengah belakang.

Black Black Denim
bahan denim ini terbuat dari benag warna hitam yang dipintal kemudian diwarnai lagi menggunakan pigmen warna hitam.

Bull Denim
material raw denim seberat 400 gram dibuat dengan teknik tenun kepar (twill wave) 3x1. teknik ini menggunakan tiga benang yang ditenun untuk menciptakan pola diagonal yang kuat.

Indigo
tumbuhan indigofera tinctoria merupakan sumber warna indigo pada denim yang pertama kali diolah tumbuhan sintetisnya  oleh Adolf von Baeye, seorang ahli kimia dari Jerman pada tahun 1897. warnanya melekat pada benang dan tidak mudah luntur. sebelum tahun 1920, denim berwarna biru pucat, tetapi kini warna biru pada denim lebih pekat karena dicampur dengan sulfur.


CARE INSTRUCTIONS
  • hindari mencuci terlalu sering karena dapat menyebabkan pudarnya warna asli bahan dan merubah bentuknya.
  • jika terdapat noda pada satu area, cukup bersihkan langsung pada area tersebut saja.
  • hindari mencuci dengan mesin cuci dan pengering. cukup jemur dengan cara menggantungkan bahan denim hingga kering.
  • cuci dengan air dingin dan sedikit deterjen agar warna tidak pudar.
  • menggantung denim atau pakaian lainnya di dalam kamar mandi dapat berfungsi seperti steam jika air hangat dijadikan pilihan saat mandi.

THE DENIM CUTS
Boot Cut
awalnya potongan melebar dibagian hem yang diciptakan untuk para koboi agar dapat mengenaan sepatu boots di bawah celana. siluetnya pas di bagian paha hingga lutut dan melebar mulai dari lutut hingga ke hem celana.

Boyfriend Jeans
bentuknya lurus namun lebih longgar dibandingkan model straight. detil seperti lipatan dan efek ripped sering ditemukan pada model ini untuk menciptakan kesan lusuh.

Skinny
potongan celan ini ketat melekat pada bagian paha, lutut, dan meruncing di bagian bawah celana. model celana ini biasanya menggunakan kombinasi material denim dan lycra agar nyaman digunakan untuk bergerak.

Straight
model ini memiliki lebar yang sama dari lutut hingga hem bawah sehingga bentuknya lurus.

 
THE DENIM RISES
High Rise
memiliki pasak celana yang tinggi sehingga lingkar celana berada di atas pusar. jenis yang lebih tinggi dan jatuh di pinggang dikenal dengan high waist atau super high rise.

Mid Rise
lingkar celana jatuh tepat atau tidak jauh dari pusar, sehingg aterlihat natural.

Low Rise
memiliki lingkar celana hingga 3cm di bawah pusar, sehingga celana jatuh rendah di pinggul.




referensi
Majalah Cleo Indonesia - Nov 2015


 

No comments:

Post a Comment