Buat Mata Jadi Indah

Sepasang mata yang indah dan berkilau tentunya akan membuat kita terlihat lebih energik dan segar sepanjang hari. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat menjaga kesehatan mata agar tetap bersinar.
 




Minyak zaitun
Minyak zaitun atau olive oil diketahui tidak mengandung lemak trans yang dapat membantu mencegah kerusakan retina. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet Mediterania yang banyak mengonsumsi minyak zaitun, bermanfaat juga untuk menyehatkan mata dan mengurangi risiko kebutaan sekitar 48 persen.






Ikan salmon
Salmon adalah salah satu sumber makanan terbaik untuk kesehatan mata. Kandungan asam lemak omega-3 nya terbukti dapat mengurangi risiko mata kering dan kehilangan penglihatan sekitar 38 persen.



 
Pistachio
Pistachio juga dikenal dengan sebutan kacang Arab. Biji pistachio berwarna kehijauan dengan lapisan kulit ari berwarna kemerahan. Kacang ini harus dikeringkan terlebih dulu sebelum diproses menjadi cemilan.
Pistachio yang cocok jadi camilan ini juga mengandung lutein dan zeaxanthin serta vitamin E. Ketiga nutrisi ini dapat membantu penyerapan karotenoid atau pigmen organik untuk mencegah penyakit mata seperti kerusakan pada retina.




Tomat
Tomat bertekstur lembut dan berair. Warnanya yang merah berasal dari kandungan karotenoid dan lycopene nya. Menurut sebuah penelitian kandungan karotenoid, lycopene dan vitamin C dalam tomat dapat mencegah kerusakan pada retina mata.



Jagung
Jagung tak hanya mengandung karbohidrat, tapi juga sebagai sumber lutein dan zeaxanthin. Kedua sumber nutrisi ini menghasilkan pigmen warna kuning pada biji jagung. Menurut sebuah studi, rutin mengonsumsi jagung dapat mengurangi risiko katarak.




No comments:

Post a Comment