Mandalawangi - Pangrango

By Anonymous - December 21, 2012


Puisi Soe Hok Gie untuk Pangrango




MANDALAWANGI – PANGRANGO
Jakarta, 19 Juli 1966

Senja ini, ketika matahari turun kedalam jurangmu
Aku datang kembali
Kedalam ribaanmu, dalam sepimu dan dalam dinginmu

Walaupun setiap orang berbicara tentang manfaat dan guna
Aku bicara padamu tentang cinta dan keindahan
Dan aku terima kau dalam keberadaanmu
Seperti kau terima daku

Aku cinta padamu, Pangrango yang dingin dan sepi
Sungaimu adalah nyanyian keabadian tentang tiada
Hutanmu adalah misteri segala
Cintamu dan cintaku adalah kebisuan semesta
Malam itu ketika dingin dan kebisuan menyelimuti Mandalawangi
Kau datang kembali
Dan bicara padaku tentang kehampaan semua

Hidup adalah soal keberanian
Menghadapi yang tanda tanya tanpa kita mengerti,
Tanpa kita bisa menawar
Terimalah dan hadapilah

Dan antara ransel kosong dan api unggun yang membara
Aku terima ini semua
Melampaui batas hutanmu, melampaui batas jurangmu

Aku cinta padamu Pangrango
Karena aku cinta pada keberanian hidup



Soe Hok Gie “Catatan Seorang Demonstran”

  • Share:

You Might Also Like

0 comments