Pantai Angsana

BATULICIN - Pantai Angsana yang terkenal dengan keindahan terumbu karangnya berada di Wilayah Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan masuk dalam kategori Penilaian Cipta Sapta Pesona Award Tahun 2010. Demikian dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu, Drs. Abdul Karim di Gunung Tinggi, Selasa (3/8/2012). Adapun rencana penilaian akan dilaksanakan pada minggu kedua di Bulan Agustus 2010 yang dilakukan oleh tim penilai dari pusat.

Penilaian akan dilakukan dalam waktu-waktu dekat ini, dan yang menilai tim dari pusat nantinya” kata Mantan Sekretaris DPRD Kab. Tanbu tersebut. Sebelumnya, kata Kepala Disbudpar Tanbu, terumbu karang Angsana juga sudah ditinjau oleh tim dari provinsi yaitu dari Dinas Pemuda dan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan. Alasan ketika ditanya kenapa masuk dalam kategori penilaian citra sapta pesona award 2010, Drs. Abdul Karim mengatakan karena pantai Angsana Kabupaten Tanah Bumbu memiliki spesifik yang dinilai.
 
Disamping itu juga Pantai Angsana juga memiliki biota laut terumbu karang yang tidak kalah dengan terumbu karang lainnya di wilayah Indonesia. Sementara itu, untuk akses masuk menuju lokasi pantai angsana pun, kata Kadisbudpar Tanbu, tidak terlalu jauh dari jalan umum provinsi. Pantai Angsana dengan terumbu karangnya itu, kata Abdul Karim, juga sering dikunjungi dan didatangi oleh Mahasiswa untuk melakukan penelitian disana.
 
Terumbu karang Angsana menjadi tempat praktik bagi Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin” ucapnya. Kita juga berharap, dengan dimasukkannya objek wisata bahari pantai angsana dengan terumbu karangnya itu dalam penilaian citra sapta pesona 2010 bisa menjadi salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kalimantan Selatan nantinya.
 

Terkait objek wisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab Tanah Bumbu saat ini terus berbenah. Salah satunya dengan telah disusunnya RIPPDA (Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah) dalam bentuk master plan 2011. Untuk menunjang promosi wisata, Disbudpar Tanbu, Kata Abdul Karim, saat ini lagi memperjuangkan baik ke Provinsi maupun pusat untuk kapal wisata serta pengajuan dana peningkatan daya tarik wisata ke Kementerian Budaya dan Pariwisata RI.



sumber :
http://tanahbumbukab.go.id/index2.php?option=com_content&task=view&id=335&pop=1&page=0

No comments:

Post a Comment