Sejarah Singkat Batik

rereng


sejarah pembatikan di Indonesia berkaitan erat dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan penyebaran agama Islam di Tanah Jawa. dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian pada masa kerajaan Solo dan Yogyakarta.





kesenian kerajinan batik tradisional ini di Indonesia telah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit dan terus berkembang pada kerajaan-kerajaan berikutnya. meluasnya kesenian batik menjadi milik rakyat Indonesia dan khususnya suku Jawa pada setelah akhir abad ke-XVIII atau awal abad ke-XIX.

mega mendung

batik yang dihasilkan warga hingga awal abad XX berbentuk batik tulis, sedangkan batik cap baru dikenal setelah Perang Dunia I berakhir atau sekitar tahun 1920. adapun kaitan dengan penyebaran agama Islam ditunjukkan dengan banyak daerah-daerah pusat perbatikan di awa merupakan daerah-daerah santri dan kemudian batik menjadi alat perjuangan ekonomi oleh tokoh-tokoh pedagang muslim untuk melawan perekonomian Belanda.



kesenian batik adalah kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yan gmenjadi salah satu kebudayaan keluarga raja-raja Indonesia zaman dahulu. awalnya batik dibuat hanya terbatas dalam lingkungan keraton saja, dan hasilnya untuk pakaian raja dan kerluarga serta para pengikutnya. oleh karena banya dari pengikut raja yang tinggal di luar keraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar lingkungan keraton dan dikerjakan di tempat masing-masing.


seiring berjalannya waktu, kesenian batik in iditiru oleh rakyat terdekat dan meluas menjadi pekerjaan kaum wanita untuk mengisi waktu senggang. selanjutnya, batik yang awalnya hanya digunakan sebagai pakaian keluarga keraton berubah menjadi pakaian rakyat yang digemari baik oleh wanita maupun pria.

ganggengan

bahan kain putih yang digunakan saat itu adalah kasin hasil tenunan sendiri. sedangkan bahan pewarna yang digunakan terdiri dari tumbuh-tumbuhan aseli Indonesia yang dibuat sendiri antara lainm pohon mengkudu, tinggi, soga, nila, dan bahan sodanya dibuat dari soda abu, serta garamnya dibuat dari tanah lumpur.


3 comments:

  1. jelasin arti coraknya dong dul, kek nya keren deh XD

    ga usah banyak" yang sering dipake aja per daerah :)

    ReplyDelete
  2. oks ,
    nice advice ..

    waiting for next posting ..
    :)

    ReplyDelete
  3. Thanks for sharing.. Tertarik untuk mempelajari cara membuat batik tulis, cara membuat batik cap, serta teknik pewarnaan batik?.. Anda bisa memesan paket cd belajar membatik di Fitinline..

    ReplyDelete