Batik asli atau ... ?

Definisi batik secara umum yang telah disepakati pada saat Konvensi Batik Internasional yang dilakukan di Yogyakarta pada tahun 1997 adalah proses penulisan gambar atau ragam hias pada media apapun dengan menggunakan lilin batik  sebagai alat perintang warna.


Proses produksi batik terbagi menjadi beberapa cara sebagai berikut :
  • Batik Cap
    Batik cap merupakan batik yang dibuat dengan menggunakan cap batik yang terbuat dari tembaga untuk proses penempelan lilin pada kain atau media lainnya.

    • Batik Tulis
      Batik tulis adalah batik yang dibuat dengan cara ditulis dengan menggunakan canting yang terbuat dari tembaga untuk proses penempelan lilin pada kain atau media lainnya. 
       
       
    • Batik Lukis
      Batik lukis ialah batik yang dikerjakan dengan menggunakan alat-alat lukis seperti kuas dengan menggunakan lilin batik sebagai perintang warna. 
       
    • Batik Kombinasi Cap dan Tulis
      Batik kombinasi cap dan tulis ialah batik yang diolah dengan menggunakan kombinasi antara canting dan cap batik yang terbuat dari tembaga untuk proses penempelan lilin batik pada kain atau media lainnya. 




    Jadi, jika proses pembuatannya tanpa menggunakan lilin batik maka tidak dapat disebut batik, melainkan disebut tekstil bermotif batik. Sekarang sudah bisa membedakan batik asli dengan tekstil kan ?



    ^___^




    1 comment:

    1. Thanks for sharing.. Mencari perlengkapan membatik berkualitas dengan harga murah. Kunjungi toko online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya. Regards : Fitinline..

      ReplyDelete