Dangerous Goods

By diLa - January 10, 2018

Selamat Tahun Baru 2018. Sepanjang libur akhir tahun tentu banyak dihabiskan dengan melakukan perjalanan, baik liburan ke destinasi favorit atau pulang ke kampung halaman. Salah satu alat transportasi yang sering digunakan adalah pesawat terbang.

Semua penumpang tentunya membawa berbagai jenis barang bawaan, sebagian besar berupa buah tangan untuk diberikan kepada keluarga di rumah. Tetapi, tahukah kalian bahwa ada barang-barang yang tidak boleh dibawa saat naik pesawat?


Berikut ini adalah barang-barang yang termasuk ke dalam golongan barang berbahaya atau dangerous goods yang tidak boleh dibawa pada saat naik pesawat.



Bahan Peledak (Explosive)
Bahan yang mudah meledak. Contohnya dinamit, TNT, nitrogliserin, kembang api.

Bahan Gas (Gases)
Semua bahan gas, termasuk gas yang telah dikompresi. Baik jenis gas mudah terbakar, gas tidak mudah terbakar (telah dikompresi), dan gas beracun. Contohnya acetylene, hydrogen, propane, nitrogen, neon, carbon dioxide, fluorine, chlorine, hydrogen cyanide, dan aerosol.

Bahan Cair Mudah Terbakar (Flammable Liquids)
Benda cair yang mudah terbakar dibawah suhu 35'C dan tekanan dibawah 101,3 kPa. Contohnya diethyl ether, carbon disulfide, gasoline, acetone, kerosene, parrafin, diesel, paint, dan alcohol.

Bahan Padat Mudah Terbakar (Flammable Solids)
Bahan padat yang mudah terbakar akibat gesekan. Contohnya sodium, potassium, korek api, phospor, karsium karbid, dan magnesium.

Bahan Rentan Oksidasi
Bahan yang bila terkena oksigen mempunyai daya rusak. Contohnya kalsium klorat, ammonium nitrate, hydrogen peroxide, potassium permanganate, benzoyl peroxide, dan organic peroxide.

Bahan Beracun dan Menular
Bahan beracun ataupun zat beracun, bakteri, virus (diatur oleh World Health Organization) yang dapat menyebabkan luka, infeksi, dan menular. Contohnya rabies dan pestisida.

Bahan Radioaktif
Bahan atau zat maupun kombinasinya yang mengeluarkan sinar radiasi sehingga membahayakan bagi manusia, binatang, dan barang. Contohnya uranium dan plutonium.

Bahan Korosif 
Bahan atau zat yang dapat melarutkan jaringan organik atau menimbulkan korosi (karat) pada logam. Contohnya asam sulfat, asam klorida, alkali - kalium hidroksida, alkali - natrium hidroksida.

Barang atau Bahan Lainnya Yang Dianggap Berbahaya
Barang atau benda-benda lainnya yang dianggap dapat membahayakan serta dapat menimbulkan risiko terhadap manusia dan pesawat apabila tidak ditangani dengan baik. Contohnya pisau, gunting, cutter, Obeng.




Avepedia | b-link edisi 4 | 2017



  • Share:

You Might Also Like

0 comments