Check-In Dulu Sebelum Terbang

pulang terbang tadi siang, aku mampir sebentar ke customer service center, ada keperluan untuk dibayar.

sambil menunggu proses pembayaran aku mendengar seorang bapak menghampiri salah seorang cs sambil menunjukan printed ticket miliknya.

kira-kira begini yang mereka bicarakan.

bapak: mbak, disini tertera tulisan bahwa pesawat berangkat pukul 12:05 tapi tadi saya coba check-in tapi sudah tidak bisa.
cs: bapak, disini tertulis waktu keberangkatan. jadi check-in akan tutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan. (sekarang sekitar pukul 11:50).
bapak: jadi bagaimana ya?
cs: mohon maaf tiket bapak yang ini sudah hangus, jika bapak ingin berangkat dapat membeli tiket untuk penerbangan selanjutnya dengan harga sekitar Rp 700.000an (lupa persisnya).
bapak: (dengan wajah sedih dan kecewa) iya mbak, terima kasih ya.


sebagai seorang yang bekerja di sebuah maskapai, aku ingin sedikit berbagi agar kejadian seperti cerita bapak diatas tidak dialamai lagi oleh orang lain.

perlu diketahui oleh semua penumpang, bagian check-in pada maskapai akan tutup 30 menit untuk penerbangan domestik dan 2 jam untuk penerbangan internasional (tidak semua maskapai sama ya). selain itu, waktu yang tertulis di tiket adalah waktu keberangkatan. jadi penumpang harus tiba di bandara dan melakukan check-in tepat waktu. penumpang jangan mepet apalagi terlambat datangnya, bisa ditinggal alias missed flight. pastinya ga mau kan?

untuk mempermudah proses check-in, aku memiki saran seperti berikut
  • ontime. datanglah ke bandara sebelum counter check-in tutup. perkirakan waktu dari tempat tinggal dengan jarak tempuh dan berbagai kondisi tak terduga yang mungin dapat muncul dalam perjalanan menuju bandara.
  • barang tidak banyak. jika memungkinkan jadikan dalam satu koper atau tas besar saja. jangan membawa tas jinjing yang berukuran agak kecil namun dalam jumlah yang cukup banyak. kenapa? karena akan menyulitkan saat dibawa (pada saat melewati x-ray) apalagi jika dibawa ke dalam kabin pesawat. repot!
  • sanggup angkat? miliki mindset bahwa saya sanggup mengangkat dan menurunkan bawaan saya. kalau pemiliknya saja tidak sanggup mengangkat, lalu bagaimana nanti di tangga naik/turun (jika tidak menggunakan garbarata) dan di kabin pesawat? (perlu diketahui, awak kabin yang berada di pesawat berperan untuk membantu mengangkat bagasi penumpang bersama pemiliknya, kemudian mengaturnya agar rapi dan cukup di compartment).
  • tiket. siapkan tiket berupa kertas maupun tampilan dari perangkat elektronik di kantung atau tas yang mudah diambil. jangan ribet mencari apalagi baru membuka email mencari tiketnya pada saat mengantri di depan petugas. eww!
  • barang metal dan elektronik. lepaskan jam tangan dan ikat pinggang kemudian masukkan ke dalam tas bersama perangkat elektronik. (biar cepat dan menghemat waktu scanning x-ray).
  • tanda pengenal. siapkan kartu tanda pengenal yang masil valid.
  • uang. pastikan membawa cukup uang tunai jika kira-kira barang bawaan yang dibawa melebihi ketentuan maksimal untuk membayarnya di kasir.
setelah proses check-in, penumpang akan diberikan boarding pass dan diberikan informasi ruang tunggu keberangkatan. tinggal mencarinya lalu menunggu panggilan boarding..

safe flight :)


No comments:

Post a Comment