Penyebab Memar Pada Tubuh

By Anonymous - August 03, 2013

Memar merupakan jenis cedera yang terjadi saat bagian tubuh terbentur sesuatu yang keras.  Memar dapat terjadi disebabkan karena sentuhan yang mampu membuat memar pada kulit.  Jika pembekuan darah tidak berjalan dengan baik, hasilnya seseorang mudah mengalami memar.
 
berikut beberapa alasan kenapa memar dapat muncul :

kanker darah
Pada saat memar datang tiba-tiba dengan pendarahan di hidung, gusi, dan bagian tubuh lain, mungkin itu adalah salah satu gejala kanker darah. Pada kanker darah, produksi sel darah putih meningkat yang menyebabkan tubuh kekurangan trombosit. Dengan jumlah trombosit yang sedikit, maka masalah pembekuan darah pun muncul.

kurang vitamin K
Vitamin K memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah. Jika Anda kekurangan vitamin K, maka tubuh Anda akan mudah mengalami memar. Memar terjadi karena adanya pendarahan di bawah kulit. Saat memar terjadi dengan mudah, saat itulah pembekuan darah terhambat.

usia yang menua
Seiring bertambahnya usia dan proses penuaan tubuh, kekuatan dinding pembuluh darah menurun, sehingga sedikit benturan mampu membuat memar. Ditambah lagi, kolagen pada kulit semakin menipis, alhasil pembuluh darah yang melintang di bawah kulit jadi semakin rapuh.
 

gangguan genetik
Kelainan darah yang bersifat genetik seperti thalassemia dan heamophilia dapat membuat Anda mudah memar. Karena bersifat genetik, maka kelainan darah ini tidak dapat disembuhkan. Namun Anda bisa lebih berhati-hati agar tidak mudah terbentur.

kurang trombosit
Ketika tubuh tidak mampu memproduksi trombosit dengan jumlah yang cukup, maka mungkin Anda bisa mudah mengalami memar. Saat tubuh lemah karena sakit, produksi trombosit umumnya berkurang, sehingga menghambat pembekuan darah. Untuk menambah jumlah trombosit, Anda dapat mengonsumsi jus jeruk, atau sayur dan buah lainnya.

sumber : kompas

  • Share:

You Might Also Like

0 comments